Kepercayaan sangat penting bagi keberlangsungan bisnis online.
Menjaga kepercayaan dari para pelanggan merupakan suatu keharusan bagi
sebuah toko online yang cara operasionalnya sangat berbeda dengan toko
fisik biasa. Dikarenakan beberapa situasi di antaranya, penjual dan
pembeli tidak dapat bertemu secara langsung, pelanggan tidak dapat
melihat langsung produk yang kita jual serta proses pembayaran yang
harus melalui transfer bank atau dengan sistem pembayaran online.
Untuk mengatasi hal tersebut akan kami bahas beberapa tips untuk menjaga kepercayaan pelanggan online di bisnis Anda :
1. Menyediakan informasi yang dibutuhkan pelanggan
Di
toko online pelanggan tidak dapat melihat dan mencoba produk yang kita
jual. Oleh karena itu kita harus mendeskripsikan keadaan barang yang
kita jual sejelas-jelasnya mulai dari harga barang, model, ukuran, bahan
yang digunakan, warna yang tersedia dll. Sudah barang tentu kita
sebagai penjual harus mengetahui dan memahami informasi mengenai barang
yang kita jual dengan baik. Hal ini bertujuan agar pelanggan tidak
merasa tertipu atau dibohongi dengan barang yang dipesannya.
2. Mudah untuk dihubungi
Untuk menjaga
kepercayaan pelanggan anda harus dapat menanggapi pesanan pelanggan
secara cepat (fast respon). Oleh karena itu sangat penting mencantumkan
beberapa media komunikasi untuk menghubungi anda seperti nomor
telepon/sms, pin BBM, WhatsApp, Line, username Twitter, Facebook, dan
lainnya. Hal ini diperuntukan agar pelanggan dapat dengan mudah
menghubungi Anda.
Jika ada pelanggan yang ingin bertanya mengenai produk atau melakukan
konfirmasi pembayaran, jangan biarkan mereka menunggu balasan Anda
terlalu lama. Apabila memang ada suatu kendala yang membuat Anda
terlambat untuk membalas atau sulit untuk dihubungi, maka segera
jelaskan kepada pelanggan mengapa hal tersebut terjadi agar pelanggan
tetap menaruh kepercayaan kepada kita.
3. Buat website yang menarik
Perhatikan bahwa
informasi yang ditampilkan selalu up to date, bebas dari ejaan dan
kesalahan coding, dan bebas dari link yang rusak. Pastikan bahwa halaman
web ringan sehingga dapat diakses dengan cepat agar tidak membuat
pelanggan bosan dan meninggalkan website Anda. Selain itu, mengenai tema
dan juga desain web ecommerce, akan lebih baik jika disesuaikan dengan
produk dan juga target pembeli.
Seperti contohnya jika kita menjual
item fashion ataupun aksesoris wanita akan lebih baik web ecommerce di
desain dengan warna kalem dan juga nuansa yang manis, niscaya pelanggan
akan lebih nyaman selain itu akan memperlihatkan profesionalisme dari
usaha kita.
4. Cantumkan testimonial pelanggan
Berdasarkan
arti kata, testimoni merupakan sebuah pernyataan yang biasanya tertulis,
dalam mendukung karakter lain dan merupakan rekomendasi pribadi. Dalam
bisnis online, testimonial merupakan hal yang penting untuk dapat
menarik perhatian calon pelanggan, karena biasanya mereka cenderung
mencari pendapat dan tanggapan dari konsumen yang telah lebih dulu
berbelanja di toko tersebut agar mendapatkan referensi untuk membeli
sebuah produk.
Dari testimonial juga kita dapat mengetahui apakah
pelanggan sudah merasa puas terhadap produk dan pelayanan yang kita
berikan sehingga kita dapat melakukan koreksi dan introspeksi agar toko
online kita semakin baik. Hal terpenting dalam mencantumkan testi usaha
kita adalah jangan sampai Anda memasang testi palsu atau karangan kita
sendiri, pasalnya konsumen saat ini sudah jauh lebih cerdas dan mengerti
mana kata-kata yang asli dan mana yang palsu. Akan lebih baik jika
dicantumkan link akun sosial media atau setidaknya email dari si pemberi
testimoni.
5. Menerima pengembalian barang
Adakalanya produk
yang kita jual rusak, terlambat datang atau bahkan barang yang
dikirimkan kepada pelanggan salah. Hal ini sering terjadi pada toko
online. Mungkin ini bukan murni kesalahan kita namun bisa saja barang
rusak di perjalanan menuju pelanggan. Tentunya kita harus siap dengan
resiko ini dan bersedia menggantinya. Ini dinilai sebagai cara yang
dapat menjaga kepercayaan pelanggan terhadap sebuah toko online.
6. Jaga privasi pelanggan
Masalah privasi sangat
penting di dunia maya. Yakinkan pada pelanggan Anda bahwa data yang
mereka berikan untuk keperluan membeli sebuah produk tidak akan
diberitahukan kepada siapa pun untuk kepentingan apapun.
7. Tunjukan kepedulian Anda
Dalam menjaga
kepercayaan dan keakraban dengan pelanggan, bisa juga kita lakukan
dengan cara menunjukkan rasa peduli terhadap pelanggan. Misalnya kita
melakukan survey atau polling online mengenai produk apa yang mereka
harapkan dari toko kita. Atau kita bisa menawarkan pelanggan untuk ikut
dalam acara yang kita adakan. Dengan begitu mereka akan merasa dihargai
dan diharapkan terus berbelanja di toko online Anda. (as/andafcorp)
Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/bisnis-online/pentingnya-kepercayaan-dalam-menjalankan-bisnis-online
Artikel keren lainnya:
dalam menjalankan bisnis online memang kita perlu mendapatkan keprcayaan dari tempatak kita berbisnis, bila melakukan bisnis forex trading maka yang perlu kita percayai tentu saja broker tempat trading sebagaimana OctaFx yang mempuanyai regulasi yang jelas sehingga dana kita tetap aman dan terjamin
BalasHapusKebanyakan situs bisnis online dibuat semenarik mungkin untuk menarik banyak klien. Namun sayangnya, banyak dari mereka merupakan scam dan hanya bisa menjanjikan profit tanpa melihat bukti yang nyata.
BalasHapusDi hiwayfx, dengan desain website yang sederhana namun dapat memberikan 100% Welcome Bonus untuk klien yang mendaftar...
tentu saja kepercayaan seseorang merupakan salah satu modal utama untuk membantu kita menjadi sosok pebisnis yang handal, dan selama trading berjalan lancara maka semuanya pun menjadi lebih baik, karena itu kita harus melakukan dengan benar di broker gainscopefx
BalasHapusTo run forex trading is the first thing to note is where we always to understand in the run forex trading. While we are still doing with a successful learning will be achieved, FXB Trading demo account can we use for one place where we run good trading with our stage of good practice and true forex trading is on the run
BalasHapus