Rabu, 31 Oktober 2012

Cara Mudah Mempromosikan Produk Via Online

Inilah Cara Mudah Mempromosikan (Memasarkan) Produk / Usaha Di Internet. Mempromosikan atau memasarkan produk dulu bisa dibilang merupakan suatu kegiatan yang hampir pasti membutuhkan biaya. Memasang iklan di koran, radio, brosur membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan dari kocek pengusaha dan belum tentu produk yang dipasarkan akan laku di pasaran.

Sekarang dengan adanya internet maka biaya untuk memasarkan produk bisa ditekan sampai nol. Banyak situs-situs internet gratis yang bisa jadi media Anda untuk memasarkan produk. Walaupun ada juga situs-situs yang meminta fee (yang biasanya) sedikit untuk memasarkan produk seperti situs lelang eBay, iOffer, dll.

Memaksimalkan bisnis yang kita miliki sangat banyak caranya, melakukan promosi di offline (dengan memasang iklan di koran, menyebarkan brosur di tempat umum, menggunakan kartu nama dan lainnya) dan juga melakukan promosi di bidang online (dari internet) yang sering juga disebut dengan internet marketing.

Internet marketing adalah sarana untuk memasarkan produk/jasa lewat internet. Contoh : Pak Jono punya bengkel mobil. Untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang datang ke bengkelnya, selain melakukan offline marketing (marketing dengan cara konvensional seperti menyebarkan brosur, pasang spanduk besar di depan bengkel), ia juga melakukan internet marketing, yaitu memasarkan bengkelnya lewat internet.

Apakah bisa? Ya, jawabannya bisa. Ia pasang iklan di berbagai tempat di internet. Lalu orang yang membaca iklannya akan mengetahui bengkel Joko. Jika ia tertarik maka ia akan ke bengkelnya Joko dan menjadi pelanggan.

Menjalankan Internet Marketing bukanlah hal yang gampang. Tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Bahkan kalau mau lebih jujur, Internet Marketing itu susah. Susah tapi bukan berarti tidak bisa! Asal kita menekuni di bidang ini dan tujuan/goals kita jelas, maka rintangan apapun juga bisa dilewati. Bukannya ingin menakut-nakuti, tetapi sebaiknya jika kita mau terjun di Internet Marketing, siapkanlah mental untuk TIDAK mendapatkan hasil dan uang pada tahun - tahun pertama.

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah bagaimana langkah-langkah mudah untuk melakukan promosi di dunia internet ini?, berikut adalah gambaran dasarnya...

1. Melakukan promosi di social media seperti facebook dan twitter. Memiliki akun facebook dan juga twitter tentunya harus kita manfaatkan secara maksimal apabila kita ingin mendapatkan uang di internet. Carilah follower atau teman yang banyak di facebook dan kemudian arahkan secara perlahan mengenai bisnis yang sedang kamu jalani. Lambat laun kamu bisa membangun komunitas sendiri untuk bisnis yang kamu miliki.

2. Melakukan promosi dengan cara walking to other blog yang sejenis, cara ini termasuk cara yang sangat tradisional dan tergolong cukup efektif. Anda bisa mencari blog atau website yang sejenis atau yang membahas tentang bisnis yang sedang kamu jalani kemudian meninggalkan komentar pada website atau blog tersebut. Jangan lupa untuk cari web / blog yang populer dengan pengunjung terbanyak. Cara ini bisa Anda lakukan dengan tetap menjaga kesopanan.

3. Optimasikan web / blog Anda dengan SEO agar mencapai traffik tinggi di Search Engine. 
Teknik - teknik optimasi ini perlu dilakukan agar website atau blog Anda berada di posisi yang baik pada search engine seperti google ketika seseorang mengetikkan kata kunci atau keyword yang telah kita targetkan. Cara ini tentuya adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan kita melalui internet.
Bayangkan bila pengunjung web / blog Anda dikunjungi ribuan visitor setiap hari, ini hampir pasti akan meledakan penjualan produk Anda.

4. Manfaatkan teknik - teknik promosi online cerdas yang gratis. Misalnya iklan viral marketing, maksudnya iklan kita bisa menyebar ke semua jaringan iklan baris di internet. Contoh iklan gratis dengan konsep hebat tersebut bisa Anda lihat di sini. Teknik ini selalu saya gunakan untuk mempromosikan produk bisnis online saya. Manfaatnya besar sekali dan yang jelas cara ini Bebas Biaya. Jadi mengapa tidak dicoba. Silahkan gabung gratis di sini dan lihat web / blog Anda menyebar ke mana - mana dan berpotensi dipromosikan oleh jutaan orang secara otomatis.

Demikian beberapa hal yang bisa saya sampaikan seputar teknik - teknik mempromosikan produk via online
Semoga bermanfaat. Terima kasih.


1 komentar:

  1. Software Spektakuler
    Penambah Saldo Rekening Bank Anda.

    Cukup Anda Install di Komputer Anda
    dan Jalankan TRIK RAHASIA nya, dalam waktu
    24 jam, Saldo Rekening Bank Anda Akan Bertambah

    Anda Penasaran dan Ingin Tahu Rahasianya??
    Buruan DOWNLOAD Softwarenya di :

    http://goo.gl/kR5Cp

    buktikan sekarang saya telah membuktikannya: ...

    BalasHapus